PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

Penulis

  • Syukriah .
  • Mustafa Sabri
  • Muhibbuddin .

Abstrak

Telah dilakukan penelitian Pengaruh Penggunaan Media Animasi Sistem Peredaran Darah Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP di SMP Negeri 1 Tanah Luas Aceh Utara mulai bulan Maret sampai bulan April 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi sistem peredaran darah terhadap pemahaman konsep serta tanggapan siswa terhadap penggunaan media animasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen “Pretest-posttes Control group Design”. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan instrumen soal objektif  bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain pemahaman konsep kelas eksperimen (77,14) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata N-Gain siswa kelas kontrol (65,71). Hasil uji t diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol dengan thitung = 3,83 dan ttabel = 1,645. Penggunaan media animasi mendapat tanggapan positif oleh siswa kelas eksperimen. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media animasi memberi hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci: Media Animasi , Pemahaman konsep, Sistem peredaran darah manusia.

Referensi

Anonymous. (2006a). Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPA SD/MI. Jakarta: BNSP.

--------------. (2006b). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Formal. Jakarta. Dharma Bakti.

Arifin, Z. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Lentera Cendikia.

Arikunto, S.(2009).Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Fitria, D. (2010). Aplikasi Multimedia Mata Pelajaran Biologi Tentang Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Bagi Siswa Kelas VIII. Tersedia di http://www.mercubuana.ac.id. (Di akses tanggal 08 Desember 2012).

Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. (2003). Educational Research an Introduction. Boston: Pearson Education Inc.

Mariana, Zulkifli, dan Ermina, S.(2008 ). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Sebagai Pembentuk Karakter Calon Guru Biologi Pada 3 Varian Multimedia yang Berbeda. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi.

Rusman., Kurniawan, D., dan Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Mengembangkan Profesionalitas Guru : Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Samodra, D.W., Suhartono, V., dan Santosa, S. (2009). Multimedia Pembelajaran Reproduksi Pada Manusia. Jurnal Teknologi Informasi. Volume 5 Nomor 2.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sorgo, A., Verckovnik, T and Kocijantis, S. (2010). Information and Communication Technologies (ICT) in Biology Teaching in Slovenian Secondary Schools. Eurasia Journal of Mathematics Science & Technology Education, 6(1): 37-46.

Taufiqoh, P.L., Raharjo. dan Indana, S. (2012). Profil Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. BioEdu, 1(2). Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu. (Diakses Tanggal 01 Februari 2013).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-01-12