PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI 1 PEUSANGAN

Penulis

  • Erlita Erlita Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Safriani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap penerapan strategi pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan memanfaatkan lingkungan sekolah pada materi dunia tumbuhan di SMA Negeri 1 Peusangan. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Januari 2022 sampai Februari 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experiment dengan desain Pretest Posttest Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Peusangan dengan jumlah keseluruhan peserta didik yang digunakan sebagai sampel penelitian sebanyak 56 peserta didik. Instrumen yang digunakan soal sebanyak 45 butir untuk menilai hasil belajar kognitif peserta didik.. Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu selisih antara skor rata-rata pretest dan postest adalah sebesar 44,61 sedangkan pada kelas eksperimen mencapai 55,89 dengan rata-rata Gain ternormalisasi sebesar 57,29 pada kelas kontrol dan 71,25 pada kelas eksperimen. Simpulan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sekolah berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Lingkungan sekolah layak digunakan sebagai media langsung untuk memacu keaktifan peserta didik didukung dengan model inkuiri yang melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran secara aktif pada materi Dunia Tumbuhan di SMA Negeri 1 Peusangan.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Pemanfaatan Lingkungan Sekolah

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-11-29