PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR KELAS X SMA NEGERI 2 BIREUEN

Penulis

  • Ita Ilyana Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim
  • Tutiliana
  • Rahmi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Bireuen pada materi jamur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental reseacrh (penelitian eksperimen semu). Desain yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Bireuen, Kabupaten Bireuen tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas X MIA1, X MIA2, X MIA3, X MIA4, dan X MIA5 dengan jumlah total 160 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara non probabillity sampling. Dari populasi 160 siswa tersebut dari kelas X MIA1 sampai X MIA5, peneliti mengambil sampel kelas X MIA1 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA1 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan alat bantu berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (lKPD). Analisis data hasil penelitian dilakukan berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil uji Independent sampel t-Tes nilai pretest dan postest siswa dengan menggunakan software SPSS 20.00 diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Bireuen pada materi jamur.

Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil Belajar

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-11-29