PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 4 BANDA ACEH

Penulis

  • Raiyan Raiyan Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Zulfikar Zulfikar Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Muhammad Muhammad Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Abstrak

Kemampuan seorang guru sangat berperan dalam keberhasilan siswanya, keberhasilan itu dapat dilihat pada prestasi belajar siswanya yang dibuktikan dengan nilai rapor. Tingkat pendidikan guru bergaruhnya terhadap prestasi belajar siswa Di SMAN 4 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui angket, nilai rapor dan dokumentasi, kemudian data itu dianalisis melalui teknik analisis data dengan memakai rumus Kolerasi Product Moment, alpha crombach, dan rumus Regresi linear. Hasil penelitian ditemukan bahwa prestasi belajar siswa sangat berhubungan dengan tingkat pendidikan guru dilihat dari nilai rapor siswa, dan tingkat pendidikan guru sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa dilihat dari pengolahan data yang mengunakan rumus regresi linear. Dilihat dari nilai rapor siswa kelas 2 IPA 4 dan 2 IPA 5 terdapat perbedaan prestasi belajar, walaupun materi yang diajarkan kedua guru ini sama, tetapi cara mengajar pasti berbeda. Ketika kedua guru menggunakan metode yang berbeda maka cara memahami isi materi pun siswa akan berbeda, ada siswa yang cepat memahami isi materi ada juga siswa yang lama memahami isi materi, hal ini disebabkan oleh bagaimana cara guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Dan hasil penelitian yang memakai rumus Regresi Linear yaitu: Y=a + bX. Dari pengelohan data, hasil yang didapatkan adalah a + bX = 3.411,3404539 + -4.139,569426. Maka dari hasil pengelohan data diatas dapat disimpulkan tingkat pendidikan guru PAI berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Variabel X adalah tes kemampuan seorang guru dalam bentuk angket sedangkan Variabel Y adalah Nilai Rapor Siswa.

Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Guru, Prestasi Belajar

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-12-12