PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA MELALUI MEDIA POWERPOINT BERBASIS PBL

Authors

  • Marnita Marnita Prodi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim

Abstract

 

Rendahnya daya seram siswa terhadap proses belajar yang berlangsung di kelas menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini di sebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang tidak mampu menarik perhatian siswa.Adapun tujuan yang ingin di capai dalama penelitian ini adalah untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar siswa, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan media Powerpoint berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII₂ SMP Negeri 1 Gandapura yang berjumlah 20 siswa pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan melalui butir soal tesdan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya melalui media power point berbasis Problem Based Learning yaitu siklus I 60%, siklus II 80% dan siklus III 90%; 2) aktivitas guru pada siklus I 78,3%, siklus II 81,6% dan siklus III 93,3%, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 76,6%, siklus II 80,0% dan siklus III 90,0%; dan 3) hasil respon menunjukkan bahwa 80% siswa menyukai  proses pembelajaran dengan menggunakan media Powerpoint berbasis Problem based learning

 

Kata Kunci: Problem based learning, Media Powerpoint, Kalor dan Perpindahannya.

References

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Ferawati, F., Rusilowati., A. Supriyadi. (2012). Keefektifan Pembelajaran Bencana Alam Bervisi SETS Terintegrasi dalam IPA dengan Media Animasi dan Lembar Pertanyaan. Jurnal Terakreditasi JPFI. Vol 8 (2): 174-183

Makhrus, Muh., Hadiprayitno, Gito. 2012. Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. Jurnal Terakreditasi JPP. 19(2): 238-243

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajagrafindo Persada

Sadiman, Arief S. 2007. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada

Suhandi, A, Muslim. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajarab Fisika sekolah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Calon Guru Fisika. Jurnal Terakreditasi JPFI. Vol 8 (2): 174-183

Yamin, M. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press

Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta:Press Group.

Published

2018-01-01