MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TENTANG SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS V MIN BAYU GAMPONG

Penulis

  • Maisura Maisura Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Ridwan Ridwan

Abstrak

Kebanyakan siswa kelas V MIN Bayu Gampong Raya Peusangan mengalami kesulitan pada saat membedakan sifat-sifat bangun datar yaitu antar sifat-sifat persegi panjang, persegi dan segitiga, yang disebabkan oleh berbagai hal, antara lain guru dalam penerapan pembelajaran tidak menggunakan metode dan juga tidak menggunakan media sehingga siswa tidak mengerti apa yang dijelaskan oleh gurunya, dan juga tidak ada kegiatan pembelajaran yang mengarah ke pemahaman materi. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas  V MIN Bayu Gampong Raya Kecamatan Peusangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan data dari hasil tes, hasil wawancara, dan hasil observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Bayu Gampong Raya Kecamatan Peusangan tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 23 orang siswa. Berdasarkan hasil refleksi tindakan I siklus I diperoleh hasil tes 13,04%, hasil observasi guru 76%, dan hasil observasi siswa 79%. Sedangkan hasil refleksi tindakan I siklus II diperoleh hasil tes 91,30% hasil observasi guru 87%, hasil observasi siswa 85%, dan hasil wawancara menyatakan bahwa pembelajaran dengan strategi everyone is a teacher here sudah dapat meningkatkan prestasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran  everyone is a teacher here  pada materi sifat-sifat bangun datar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dilihat dari 91,30 % hasil tes akhir pada tindakan I siklus II.

Referensi

Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Bersasis Kompetensi . Bandung: Rosda Karya.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Malng: PT Bumi Aksara

Puskur. 2002. Kurikilum dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Dan Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Dan Madrasah. Jakarta: Balitbang Debdiknas.

Siswandi. 2009. Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, (artikel). http : // www. Siswandi. Com (29 Maret 2011)

Soejadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-21