UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGGALI PENGETAHUAN BARU PADA TEKS NON FIKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA SD NEGERI 11 JANGKA

Penulis

  • Nurhaliza Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Kata Kunci:

Menggali Pengetahuan Baru, Teks Nonfiksi, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Abstrak

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Menggali Pengetahuan Baru Pada Teks Nonfiksi dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 11 Jangka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat memberikan peningkatan kemampuan menggali pengetahuan baru dalam teks nonfiksi. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian ini adalah berdasarkan hasil tes, observasi dan hasil angket respon. Sumber data dari siswa kelas IV SD Negeri 11 Jangka yang berjumlah 18 orang siswa dengan dalam penelitian ini adalah berbagai tingkat kemampuan. Hasil penerapan pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggali pengetahuan baru dalam teks nonfiksi. Berdasarkan hasil penelitian dengan model pembelajaran CIRC dapat dipaparkan hasil belajar siswa dari 39% meningkat menjadi 72% di siklus I dan 89% di siklus II. Selanjutnya persentase aktivitas guru pada siklus I yaitu 86% dan pada siklus II yaitu 91%. Aktivitas  siswa pada siklus I yaitu 87,5% dan siklus II yaitu 92,5. Hasil angket respon dengan siswa menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat memberikan peningkatan kemampuan menggali pengetahuan baru dalam teks nonfiksi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggali pengetahuan baru dalam teks nonfiksi. 

Referensi

Arikunto Suharsimi, dkk. 2009. Penelituan Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Gustariani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Pokok Bahasan Gejala Dan Ciri Ciri Gelombang Siswa Kelas Xii Sman 9 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. Volume 1 Nomor 1 Juli 2017 | ISSN Cetak : 2580 – 8435.

Irdawati, Yunidar, dan Darmawan. 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 4. ISSN 2354-614X

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Pres Jakarta.

Istarani. 2012. 56 Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Jenisa Kintan & Lubis Asri. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jurnal Educational BuildingVolume2, Nomor 1, Juni 2016: 77-86, ISSN: 2477-4898.

Liani Niliawati, Ruswandi Hermawan, Arie Rakhmat Riyadi. 2018. Penerapan Metode Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. III No. I, April 2018, hlm. 23-34.

Mulyati, Yeti. 2012. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Maryati. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Benda dan Sifatnya Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Kelas V SD Negeri 1 Simpang Keuramat. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Matangglumpangdua: Universitas Almuslim.

Mawar Sari Dian. 2017. Peningkatan Ketrampilan Menulis Karangan Deskriptif Melalui Model Integrated Reading and Composition. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang.

Putra Nusa & Dwilestari Nining. 2012. Penelitian Kulitatif Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Suprijono. Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya : Pustaka Pelajar.

Syafitri Cici Ratika & Mansurdin. 2020. Model Cooperative Integrated Reading and Composition Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambuasai Volume 4, Nomor 2, Tahun 2020, ISSN: 2614-3097

Zahra. 2018. Motivasi Menulis. Universitas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sriwijaya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-30